Rabu, 01 April 2020

Book review : tantangan 30 hari Bunda cekatan hari ke-5 #Batch1




Judul : First explorers astronauts
Ilustrator : Christiane Engel
Penerbit : Campbell
Tahun terbit : 2017
ISBN : 978-15098-5195-9
Board book
Bahasa : Bahasa Inggris
8 halaman

Book review

Siapa yang suka dengan profesi astronaut ? Buku ini menceritakan situasi di pesawat ruang angkasa dan aktivitas para astronaut selama di ruang angkasa. Mulai dengan peluncuran roket, para astronaut siap untuk pergi ke luar angkasa. Roket pun meluncur, anak-anak dapat menggerakkan roket ke atas dan ke bawah dan melihat api yang mengikuti roket berwarna kuning, orange, kemerahan. Untuk mencapai stasiun ruang angkasa, roket membutuhkan kira-kira 6 jam lamanya.

Di stasiun ruang angkasa, para astronaut bekerja, makan dan tidur selama enam bulan. Mereka banyak melakukan percobaan. Selama di stasiun ruang angkasa para astronaut melayang. Semua benda di luar angkasa melayang. Astronaut memerlukan tali pengikat jika ingin tidur. Kamar astronaut dapat dibuka dan ditutup oleh anak dengan digeser.

Aktivitas asronaut lainnya diantaranya adalah pergi ke luar stasiun luar angkasa dengan menggunakan pakaian luar angkasa dan melakukan perbaikan pesawat. Astronaut diikat dengan tali di pesawat luar angkasa agar tidak melayang jauh.

Stasiun ruang angkasa bergerak sangat cepat mengelilingi bumi, dibutuhkan satu setengah jam untuk berputar mengelilinginya. Oh ya, para astronaut tersebut dapat melihat matahari terbit  dan terbenam hingga 16 kali per hari !.Terbitnya matahari dapat dilihat dengan memutar roda yang ada di sisi buku. Menarik bukan.

Salah satu alternatif buku anak tentang kehidupan para astronaut yang dapat dijadikan bacaan ketika masa stay at home . Ilustrasinya menarik dapat dipahami anak seusia balita. Buku ini dapat menambah pengetahuan baru dan buku ini kokoh jika ada halaman yang harus di putar, geser dan ditarik. Disediakan pertanyaan seputar gambar untuk menambah interaksi anak dan orangtua ketika membacakan isi buku ini.



Nilai : 4


#tantangan30hari
#bundacekatan
#kelaskepompong
#institutibuprofesional