Selasa, 11 April 2017

Rahasia sukses mendapatkan beasiswa Korea, KGSP

Banyak jalan menuju Roma, wejangan tersebut biasa dipakai untuk memberikan semangat kepada siapa saja yang sedang ingin mencapai sebuah tujuan agar tercapai dan terbukti memberikan energy positif untuk membangkitkan semangat .

Banyak jalan menuju Korea, wejangan tersebut  yang kali ini akan saya sampaikan dalam tulisan saya kali ini heehe. Iya memang benar banyak sekali jalan menuju Korea salah satu nya melalui program yang sedang diadakan oleh pemerintah Republik Korea Selatan yaitu KGSP (Korean government Scholarship Program). Program Beasiswa ini banyak diminati oleh Teman-Teman setiap tahunnya dan tentunya saya sebagai salah satu tim seleksi KGSP ini merasakan jumlah yang terus meningkat setiap tahun nya.

“saya sangat tertarik pada program ini, karena saya selalu bermimpi saya mau banget kuliah di luar negeri”


Sedikit mewawancarai , kata-kata tersebut adalah salah satu alasan yang dilontarkan dari Teman-Teman yang datang kepada saya untuk menyerahkan dokumen KGSP. Sebagian besar yang datang kepada saya merupakan Teman-Teman yang memang sungguh punya mimpi yang besar, salute.


Kali ini saya akan membeberkan rahasia sukses agar dapat diterima dalam program KGSP ini, yuk disimak ya :

    1.      Dokumen


Salah satu yang paling mendukung agar dapat ‘dilirik’ oleh tim seleksi  adalah dokumen, dokumen yang lengkap dan dokumen yang rapi akan menjadi nilai tambah tersendiri. Tipsnya agar dokumennya “menarik” ialah : 
  •  Gunakan kertas A4 HVS 80 gram, penggunaan kertas  dengan spesifikasi tsb sangat penting dalam proses seleksi dokumen  dan usahakan semua dokumen yang ber-kertas selain kertas yang saya sebutkan diatas supaya dapat di convert menjadi kertas A4 HVS 80 gram.
  • Urutan/ Susunan Dokumen, urutkan dokumen sesuai dengan urutan yang benar, usahakan pada saat  penyerahan dokumen di loket penerimaan , dokumen telah tersusun dengan baik dengan format yang tersedia, dengan membawa 1 dokumen original dan 3 dokumen kopi yang dimasukan dalam amplop terpisah. Cara mudahnya adalah mengurutkan dokumen sesuai dengan Checklist (Submission of Document) yang terdapat di halaman depan dokumen aplikasih KGSP

Gambar 1



  •  Surat Rekomendasi yang ter-sealed, dimaksudkan demikian ialah agar kerahasiaannya tetap terjaga dan tidak ada rekayasa sama sekali dalam penulisannya, usahakan recommender  setelah mengisi Recommendation Letter  form agar segera memfotokopi menjadi 3, lalu memasukan semuanya (kopi) dalam 1 amplop, sementara yang asli pisahkan amplopnya, jadi total ada 4 rangkap dokumen (1 asli dan 3 kopi ) dan semuanya harus dimasukan dalam amplop yang ber-sealed dan jangan lupa untuk memberikan cap institusi.

    2.      Nilai Akademik 


Nilai akademik yang dimaksud disini adalah nilai yang tertera pada ijazah alias nilai ujian nasional (UN), sangat mempengaruhi sebab nilai tersebut menjadi salah satu tolak ukur academic skill of applicant.

   3.     Language Proficiency  


Sepele namun cukup "sakti", saya katakan demikian karena sebagian dari Teman-Teman yang mendaftar program KGSP ini kebanyakan tidak mau ambil pusing tentang tersedianya dokumen ini dalam kelengkapan dokumen yang diserahkan, mengingat progam KSGP tidak mewajibkan Teman-Teman untuk melengkapi dokumen tsb (optional), padahal dokumen ini seperti yang saya ungkapkan sebelumnya (cukup sakti). Jenis English proficiency test yang kita minta disini adalah TOEFL dengan score 500 atau bisa melampirkan Jenis proficiency test yang lain tentu dengan score yang selevel dengan TOEFL  500.


Gambar 2


Lalu Korean proficiency test yaitu TOPIK , yang diminta disini ialah minimal TOPIK level 1-2 apabila Teman-Teman sudah mempunyai sertifikat TOPIK level 5 atau lebih maka Teman-Teman akan dibebaskan dari kuliah bahasa selama kurang lebih 1 tahun sebelum masuk fakultas, apabila lolos kualifikasi KGSP nanti.

Sedikit tentang TOPIK, mungkin Teman-Teman disini masih bingung dimana bisa mendapatkan sertifikat TOPIK.
Test TOPIK diadakan di 3 kota besar ; Jakarta, Yogyakarta dan Bali

Jadwal pendaftaran test TOPIK :

        Pendaftaran
-          Tanggal    
-          Lokasi      
-          Biaya       

Pelaksanaan
-          Pelaksanaan test 
-          Waktu 
-          Lokasi Pelaksanaan      
Sayangnya pendaftaran untuk test TOPIK sudah tutup bulan Juli lalu, namun tidak usah berkecil hati karena test TOPIK membuka pendaftaran setiap tahun. Teman-Teman bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di nomor yang tertera diatas.Persyaratan ini menjadi optional adalah karena Teman-Teman akan menjalani program bahasa Korea terlebih dahulu dan Teman-Teman diharuskan untuk bisa mencapai level 3 setelah menyelesaikan program bahasa Korea apabila Teman-Teman tidak dapat mencapai target Teman-Teman akan diberikan tambahan waktu 6 bulan.

  Baca juga Syarat ikutan KGSP

4 . Sertifikat penghargaan


Sertifikat penghargaan mungkin juga menjadi yang disepelekan oleh pelamar, padahal dokumen tersebut penting adanya dalam proses seleksi KGSP. 

5. Pemberi Rekomendasi 


Sebetulnya hal ini tidak selalu benar adanya tetapi beberapa kasus menunjukan bahwa hal tersebut memang ada. Semakin besar sebuah institusi/ perorangan yang memberikan rekomendasi semakin besar pula chance untuk dapat diterima dalam program ini.

6. Berijazah


Hal ini khususnya bagi Teman-Teman yang berniat mengikuti program KGSP for Undergraduate. Pihak panitia seleksi menganjurkan untuk melengkapi dokumen KGSP dengan terselip ijazah didalamnya, hal ini dikarenakan pengalaman tim yang pernah memberikan kouta  penerima beasiswa KGSP for undergraduate yang belum mempunyai ijazah SMU, hasilnya yang bersangkutan harus kembali lagi ke Indonesia ditengah term yang sedang berlangsung guna menghadiri Ujian Nasional, juga mengingat biaya penerbangan Korea-Indonesia itu tidak murah. 

7. Wawancara Test 


Fase yang diadakan disekitar 2-3 minggu setelah penutupan program KGSP ini bisa merupakan salah satu yang menentukan, juga test wawancara diadakan setelah test adminstratif (dokumen), artinya Teman-Teman bisa menjalani test wawancara apabila Teman-Teman telah lolos diseleksi adminstratif (dokumen). Pastikan bahwa Teman-Teman datang tepat waktu sesuai jadwal yang telah diberikan oleh pihak tim panitia seleksi dihari sebelumnya. Yang menginterview nanti biasanya berasal dari Kementerian Pendidikan Indonesia maupun Korea dan Diplomat Pendidikan yang terkait dalam program ini, wawancara menggunakan bahasa Inggris dan yang perlu diingat dalam menjalani test wawancara.

8. Test Kesehatan 


Teman-Teman akan diminta untuk melakukan test kesehatan dengan form yang tersedia dalam formulir pendafrtan (form 8) setelah Teman-Teman dinyatakan lolos dalam seleksi wawancara dan bisa dibilang 95% Teman-Teman telah lolos kualifikasi program ini, lalu yang 5% nya bagaimana? Saya akan jelaskan dibawah. 

Sebagai catatan kecil dan rahasia dapur tim panitia seleksi, setelah menjalani berbagai macam proses maupun seleksi, tim akan mengirimkan rekomendasinya (kandidat yang lolos) kepada pihak NIIED di Korea berupa dokumen asli Teman-Teman, itu sebabnya saya merekomendasikan agar dokumen Teman-Teman diberikan dengan sesuai format. Biasanya tim mengirimkan rekomendasi lebih dari kuota yang dijatahkan, sebagai contoh tim akan  mengirimkan 4 sampai 5 rekomendasi dari total kuota yang dijatahkan yaitu 3 orang saja, artinya kelebihan rekomendasi tersebut akan menjadi kandidat cadangan, namun tetap sisa kuota cadangan tersebut wajib mengikuti proses seleksi seperti kandidat lainnya termasuk menjalani test kesehatan. 

Nah itu dia, beberapa tips dan trik agar dokumen aplikasi KGSP Teman-Teman dapat “dilirik” oleh tim panitia KGSP, cukup mudah bukan, oiya 1 hal yang terpenting sebelum Teman-Teman menyerahkan dokumen aplikasi kepada pihak Kedutaan Besar Republik Korea lengkapi persyaratan dokumen KGSP terlebih dahulu ya dan jangan lupa untuk berdoa. Good luck ^^


Josep
hhttp://josugiharto.blogspot.co.id/2015/09/rahasia-sukses-mendapatkan-beasiswa.html