Selasa, 21 April 2020

Book review : tantangan 30 hari bunda cekatan hari ke-31 #Batch1





Judul :  Al Khazini : pencetus  teori  gravitasi
Pengarang : Risma Dewi
Ilustrator : Nano
Penerbit : Pelangi  Mizan
ISBN : 978-602-0863-20-7
Board book
18 halaman
 
Book review


Buku ini buku anak bergambar  yang berkisah tentang ilmuwan muslim Al Khazini. Dikisahkan dengan singkat tetapi dapat menggambarkan kehidupan Al Khazini  dengan baik.  Bagus untuk anak untuk mengenalkan ilmuwan muslim sejak dini. Kisahnya dari sudut pandang tokoh utama yaitu Al Khazini. Berikut kisahnya :

Namaku  Al-Khazini. Sejak kanak-kanak, aku sudah mempelajari sastra, matematika, astronomi dan filsafat. Namun pelajaran yang aku kuasai, Astronomi dan matematika.

Aku mencetuskan, beberapa teori penting dalam bidang sains. Aku menulis Az-Ziij As-Sanjari, yang membahas tentang posisi 46 bintang. Buku tersebut menjadi rujukan  para ilmuwan dan pelajar yang ingin belajar astronomi.

Dalam bidang fisika, aku menulis kitab Mizan Al-Hikmah. Aku juga menciptakan peralatan untuk penelitian dan pengembangan astronomi.

Dari teori-teori pendahuluku, aku pun memaparkan teori  gravitasi. Teori itu kemudian berkembang di Eropa.