Senin, 20 April 2020

Book review : tantangan 30 hari bunda cekatan hari ke-30 #Batch1




Judul : Ibnu Yunus : Ahli Astronomi
Pengarang : Risma Dewi
Ilustrator : Nano
Penerbit : Pelangi  Mizan
ISBN : 978-602-0863-16-0
Board book
18 halaman
 
Book review


Buku ini buku anak bergambar  yang berkisah tentang Ibnu  Yunus. Dikisahkan dengan singkat tetapi dapat menggambarkan kehidupan Ibnu Yunus  dengan baik.  Bagus untuk anak untuk mengenalkan ilmuwan muslim sejak dini. Kisahnya dari sudut pandang tokoh utama yaitu Ibnu Yunus. Berikut kisahnya :

Namaku Ibnu Yunus. Aku sering dipanggil Ash-Shadafi. Aku lahir di Mesir. Ayahku, YUnus bin Abdul A’la. Belliau dikenal sebagai penulis sejarah Mesir. Ayahku menyukai ilmu pengetahuan. Aku pun begitu. Ilmu yang sangat aku sukai, ilmu astronomi.

Aku mendalami karya para astronomi. Namaku mulai dikenal setelah aku berhasil memperkirakan terjadinya gerhana matahari dan bulan.  Saat itu, aku diangkat menjadi ilmuwan kerajaan olehpenguasa Mesir. Beliau mendukung pembuatan observatorium di Bukit Muqathatham.

Dalam observatorium itu, aku melakkukan penelitian astronomi selama tiga puluh tahun. Dari penelitian astronomilu, aku menulis buku Al-Zij Al Hakimi Al-Kabir. Buku ini berguna untuk menentukan  penanggalan yang digunakan  kaum muslim  dan untuk menentukan arah kiblat.

Teman-teman…, tahu tidak bandul ? Ia berfungsi sebagai pengukur waktu. Aku merupakan orang pertama yang menggunakan bandul ini.