Rabu, 01 April 2020

Book review : tantangan 30 hari bunda cekatan hari ke-10 # batch1




Judul : Sedih
Penulis : Jane Bingham
Alih bahasa : Ambhita Dhyaningrum
Penerbit : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
ISBN : 979-33-0688-4-2
Bahasa : Bahasa Indonesia
Hard cover
24 halaman

Book review

Apa yang membuatmu sedih dan apa yang bisa kau lakukan agar merasa lebih baik ? Bagaimana rasanya sedih, kamu mungkin ingin menangis. Kamu mungkin ingin dipeluk oleh orang yang kamu sayangi. Kamu mungkin juga ingin menyendiri. Apa pun yang ingin kamu lakukan lakukanlah. Tidak seorang pun ingin merasa sedih. Namun, kesedihan tidak berlangsung selamanya. Apa yang membuatmu sedih ? Ada banyak hal yang bisa membuat kita merasa sedih. Inilah yang terjadi pada Omar dan Amy.

Cerita Omar.
Saat pertama masuk sekolah, beberapa anak laki-laki bersikap jahat kepadaku. Mereka mengolok-olok dan memanggilku denngan nama yanng jelek. Pada waktu istirahat, mereka tidak mengajakku bermain. Aku merasa sangat sedih dan kesepian. Pada suatu hari, seorang anak laki-laki bernama Zack mengajakku berteman. Kami bermain sepak bola. Lama-kelamaan, semua anak mau bermain denganku. Sekarang aku merasa bahagia di sekolah. Tetapi , aku masih ingat bagaimana rasanya sedih. Jika adatemanku yang terlihat sedih, aku berusaha menghiburnya. Aku tidak ingin orang lain bersedih seperti aku dulu.

Cerita Amy.
Waktu umurku tiga tahun, Nenek memberiku seekor kelinci. Aku memberi nama: Archie. Aku bermain dengan Archie setiap hari. Saat hidungnya bergerak-gerak, Archie tampak lucu sekali. Suatu hari, Archie sakit. Kami membawanya ke dokter hewan, tetapi ia tidak juga sembuh. Keesokan harinya, Archie mati. Aku sedih sekali. Aku tidak mau makan siang.  Sorenya, aku memandangi foto-foto Archie. Aku ingat saat hidungnya bergerak-gerak. Aku tertawa sambil menangis. Saat ini, aku masih merasa sedih jika teringat Archie. Namun, kadang-kadang aku juga merasa bahagia. Aku punya banyak kenangan indah bersamanya.

Kamu bisa membantu. Adakah temanmu yang sedang sedih? Mungkin kaku bisa bicara dengannya dan membantunya agar merasa lebih baik.

Buku ini bagus untuk dibaca anak agar dapat mengenal perasaan mereka. Dilengkapi glosarium, indeks dan catatan untuk orang tua dan guru.



Nilai : 4

#tantangan30hari
#Bundacekatan
#institutibuprofesional
#kelaskepompong