Senin, 20 April 2020

Book review : tantanngan 30 hari bunda cekatan hari ke-27 #Batch1


Judul : Ibnu Khaldun : ahli sejarah.
Pengarang : Selly Astari & Risma Dewi
Ilustrator : Nano
Penerbit : Pelangi  Mizan
ISBN : 978-602-0863-13-9
Board book
18 halaman
 
Book review

Buku ini buku anak bergambar  yang berkisah tentang Ibnu Khaldun. Dikisahkan dengan singkat tetapi dapat menggambarkan kehidupan Ibnu Khaldun  dengan baik.  Bagus untuk anak untuk mengenalkan ilmuwan muslim sejak dini. Kisahnya dari sudut pandang tokoh utama yaitu Ibnu Khaldun. Berikut kisahnya :

Aku lahir di Tunisia. Keluargaku termasuk keluarga bangsawan terpandang.  Ayahku seorang ilmuwan . Aku belajar Al-Qur’an, sastra, hukum, dan syair dari ayahku. Ketika muda, aku bekerja kepada Kaisar Mesir. Hingga suatu saat, aku diberi tugas menjadi Hakim Tertinggi. Aku pun menulis buku. Buku yang terkenal berjudul Muqaddimah. Buku hasil karyaku menjadi bacaan utama bagi orang-orang yang ingin mempelajari sejarah, ilmu social, ilmu politik, dan ilmu ekonomi. Aku mendapat banyak gelar, diantaranya Ahli Sejarah, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik. Buku-buku karanganku diterjemahkan dalam berbagai bahasa.