Senin, 20 April 2020

Book review : tantangan 30 hari bunda cekatan hari ke-29 #Batch1




Judul : Ibnu Haitsam : Ahli Fisika dan Matematika
Pengarang : Rahman As-Sudais
Ilustrator : Nano
Penerbit : Pelangi  Mizan
ISBN : 978-602-0863-18-4
Board book
18 halaman
 
Book review


Buku ini buku anak bergambar  yang berkisah tentang Ibnu  Haitsam. Dikisahkan dengan singkat tetapi dapat menggambarkan kehidupan Ibnu Haitsam  dengan baik.  Bagus untuk anak untuk mengenalkan ilmuwan muslim sejak dini. Kisahnya dari sudut pandang tokoh utama yaitu Ibnu Haitsam. Berikut kisahnya :

Ibnu Haitsam namaku, Al Hazen nama latinku. Basrah tanah kelahiranku. Aku sangat suka belajar Matematika dan Fisika. Aku ingin jadi ilmuwan serba bisa.

Suatu hari, aku pergi ke Mesir. Disana, aku bekerja membuat mesin pengatur alirann Sungai Nil. Aku disebut Ahli Fisika Muslim yang menemukan cara kerja mata manusia. Aku pun dijuluki “ Bapak Optik dan Bapak Fisika Modern”

Aku berhasilmenemukan kamera Obscura, yaitu cikal bakal kamera saat ini. Dari hasil penelitianku, aku menulis banyak karya ilmiah. Aku juga menulis Kitab Al-Manazir. Karyaku ini menjelaskan tentang penglihatan dan cahaya.

Hingga kini, karyaku dijadukan rujukan oleh ilmuwan-ilmuwan di dunia. Banyak peralatan yang memanfaatkan cara kerja optic.  Diantaranya kacamata, kaca pembesar, mikroskop, kamera, teleskop, dll.