Kamis, 09 Oktober 2014

Tujuh Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Utang


Praktisi keuangan di Amerika Serikat mencatat, utang atau kegiatan simpan pinjam telah naik dua kali lipat sejak 2007. Salah satu bentuknya adalah utang kartu kredit.
Hati-hati, utang tak hanya bisa membuat Anda tidak nyaman dengan kondisi finansial di masa depan, tapi juga mampu membuat Anda terjebak dalam beberapa masalah kesehatan, seperti:
1. Bisa meningkatkan tekanan darah
Pada 2013, Northwestern University menemukan bahwa orang berusia 24-32 tahun memiliki utang yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan aset rasio. Ini berarti jika mereka menjual semua barang-barang, mereka masih tidak akan mampu untuk membayar kembali utang mereka. Mereka juga tercatat cenderung melaporkan kesehatan yang lebih buruk secara umum. Tekanan darah mereka secara signifikan lebih tinggi, demikian juga dengan faktor risiko untuk penyakit jantung dan stroke.
2. Terkait dengan kecemasan
"Kami sedikit terkejut melihat efek ini pada orang begitu muda dan sehat. Ternyata utang bisa memberikan dampak kecemasan berlebihan pada seseorang," kata penulis studi Elizabeth Sweet, PhD, asisten profesor antropologi di University of Massachusetts Boston. Mereka yang berutang dilaporkan memiliki tingkat stres 11,7 persen lebih tinggi dari mereka yang tidak mempunyai utang.
3. Terkait dengan depresi
Dalam sebuah penelitian Rutgers University 2014, orang dewasa berusia 51 dan lebih tua, umumnya menderita gejala depresi ketika mereka berutang dalam jumlah tinggi tanpa jaminan, seperti tagihan rumah sakit. Mereka akan semakin tersiksa dan menderita depresi karena merasa tidak mampu mengendalikan situasi keuangan mereka.
4. Dapat menurunkan kekebalan Anda
"Kita tahu bahwa stres kronis bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan utang merupakan sumber besar stres kronis. Kekhawatiran akan uang dapat membuat Anda terjaga di malam hari dan dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi," kata Sweet.
5. Berdampak pada kunjungan Anda ke dokter
Menurut sebuah studi pada 2013 dari University of Michigan, orang-orang yang memiliki kartu kredit atau utang medis cenderung lebih sering mengunjungi dokter atau dokter gigi.
6. Menyebabkan sakit leher
Jajak pendapat dari Associated Press/AOL Health, kartu kredit memiliki sesuatu yang berkaitan dengan gejala fisik yang Anda alami. Survei 2008 menemukan bahwa orang yang stres akibat utang 15 persen lebih mungkin menderita migrain dan sakit kepala lainnya dibandingkan mereka yang stres karena hal lain. Mereka juga lebih cenderung memiliki gangguan otot tegang, nyeri punggung, maag atau masalah saluran pencernaan, dan menderita serangan jantung.
7. Merusak hubungan
Dalam penelitian yang diterbitkan 2012 dalam Family Relations, orang-orang hanya bisa bahagia jika tidak memiliki masalah kesehatan, termasuk depresi, tekanan darah tinggi dan kolesterol, gula darah, dan obesitas. Dan mereka yang tidak memiliki gangguan-gangguan tersebut adalah orang-orang yang tidak memiliki utang. (as/beritasatu.com)