Kamis, 09 Oktober 2014

Lima Cara Mudah Menghemat Biaya Hidup

Biaya hidup bisa mahal, tapi menghemat pengeluaran memungkinkan Anda untuk membangun portofolio investasi, melunasi utang, menempatkan anak-anak Anda melalui perguruan tinggi, hingga menabung untuk masa pensiun.
Hal ini juga memungkinkan Anda untuk membuat perubahan gaya hidup yang signifikan. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin kembali ke sekolah, mulai mengajar kelas yoga, atau mengejar mimpi menulis.
Berikut beberapa tips mudah untuk menghemat biaya hidup Anda.
1. Buatlah daftar pengeluaran saat ini
Perkirakan berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk biaya bulanan pada bahan makanan, pemeliharaan barang-barang rumah tangga, dan pakaian.
2. Tentukan anggaran dan sesuaikan dengan daftar pengeluaran Anda
Barang tetap, seperti cicilan mobil dan sewa, akan tetap sama sedangkan beban lain dapat disesuaikan agar sesuai dengan anggaran Anda.
3. Cobalah untuk mengubah layanan yang masuk ke dalam anggaran Anda
Anda dapat memotong biaya rumah tangga dengan beralih ke layanan yang lebih rendah pengeluarannya
4. Mengetahui hal-hal yang dapat Anda lakukan tanpanya
Ponsel, video game, keanggotaan film sewa, dan biaya lain-lain dapat menghabiskan anggaran bulanan Anda. Pertimbangkan pemotongan biaya ini sampai Anda mampu membelinya.
5. Go green
Mematikan lampu, naik sepeda untuk bekerja, mandi tidak terlalu lama, dan memastikan air di keran tidak menetes, tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga akan mengurangi biaya rumah tangga Anda. (as/ehow/kabar24.com)
BACA JUGA