Kamis, 09 Oktober 2014

Tiga Jurus Hindari Kesulitan Finansial Masa Tua

Saat Anda menginjak usia 30 puluh tahun, artinya sudah siap secara keuangan dibandingkan saat berusia 20 tahunan.
Namun sebelum Anda membeli mobil dan pakaian mahal atau berlibur ke tempat-tempat eksotis, pikirkanlah untuk meningkatkan pendapatan terlebih dahulu.
Selain itu agar Anda hidup sejahtera di hari tua, hindari untuk bersikap boros saat memasuki usia 30-an. Maklum, masa-masa ini merupakan periode yang banyak menyita uang. Misalnya, saat menikah, membeli rumah baru atau punya anak.
Banyak cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari kesulitan finansial di masa tua. Berikut tiga cara yang bisa dilakukan orang-orang berusia 30-an untuk meningkatkan pendapatannya:
1. Siapkan pensiun Anda
Anda mungkin punya banyak uang. Namun yang harus menjadi fokus adalah mempersiapkan diri menghadapi usia 30 tahun-an dengan pernikahan, properti dan biaya-biaya rumah tangga tak terduga.
Jika Anda sudah mempersiapkan diri sejak dini, maka masa tua akan bahagia. Anda perlu membuat rencana keuangan yang matang dan pastikan pensiun bisa membantu di hari tua.
Uang yang Anda simpan saat berusia 30 tahunan akan sangat berguna kapanpun butuh uang tunai. Anda harus pandai menghemat pengeluaran, dan gunakan skema tabungan pensiun yang aman.
2. Berinvestasi
Investasi yang cerdik merupakan gagasan hebat jika punya uang lebih setiap bulannya. Berinvestasi tak berarti Anda harus ke pasar saham.
Ada jutaan usaha di mana Anda bisa berinvestasi di dalamnya. Beberapa target investasi menjanjikan bisa dijajaki, seperti perusahaan, film, dapur rekaman, properti dan sebagainya.
Sebelum mulai, Anda harus menentukan berapa jumlah yang ingin diinvestasikan, berapa return yang diharapkan, dan berapa besar risiko yang harus ditanggung.
Penting bagi Anda untuk menganalisa, mengamati, dan memahami prospek bisnis tertentu sebelum mulai berinvestasi.
3. Menabung
Jika Anda tak berminat untuk berinvestasi, maka jangan lupa tabung uang Anda. Banyak sekali bank yang menawarkan paket tabungan dengan bunga yang lumayan. Mulailah menabung dan hiduplah dengan sejahtera sejak Anda berusia 30 tahun. (as/mirror.co.uk/liputan6.com)