Kamis, 16 Oktober 2014

Nama-Nama Penerbit Buku Yang Bisa Membantu Anda Menerbitkan Buku Sendiri



Nama-Nama Penerbit Buku Yang Bisa Membantu Anda Menerbitkan Buku Sendiri

Bagi penulis pemula yang saat ini masih bingung kemana harus menerbitkan buku sendiri, saatnya anda menepiskan kebingungan itu. Sekarang banyak penerbit buku yang bermunculan. Meskipun penerbit-penerbit itu masih dalam skala kecil, tapi umumnya mereka mau membantu penulis yang punya hasrat menerbitkan buku sendiri.

Jika saat ini anda sedang mencari-cari penerbit buku yang bisa membantu anda, coba buka kembali artikel saya tentang penerbit buku indie beberapa waktu lalu.

Namun artikel itu saya pikir kurang lengkap, karena hanya sebagian kecil saja penerbit buku yang tercantum di sana. Sedangkan saat ini penerbit buku yang ada di Indonesia banyak sekali. Keberadaannya hingga kini terus bermunculan. Ini sebetulnya sebuah fenomena bisnis yang bagus dan peluang luas bagi para penulis pemula yang ingin menerbitkan buku mereka sendiri. Kini penulis tinggal memilih penerbit mana yang sekiranya cocok dengan kemauan.

Nama-nama penerbit buku yang tercantum di sini bisa anda pilih. Sebagian di antaranya adalah penerbit mapan yang telah lama berdiri, namun mereka bersedia membantu para penulis pemula yang ingin menerbitkan buku sendiri. Saya memberikan penambahan nama penerbit buku dalam artikel yang sekarang karena mungkin akan lebih berguna bagi pembaca.

Beberapa nama penerbit buku itu adalah:

1. Leutika Prio
LeutikoPrio memberi kesempatan penulis pemula untuk mengirimkan karyanya yang akan diseleksi atau dilakukan pembaruan oleh tim LeutikaPrio. Di sinilah penulis bisa berkonsultasi mengenai naskahnya dan bisa menerbitkan bukunya secara independent.
alamat website: http://www.leutikaprio.com
email: leutikaprio@hotmail.com
alamat:
Jl. Sulawesi no.7c
RingRoad Utara Yogyakarta
telp: 0274880387

2. INDIEPRO PUBLISHING
Sistem penerbitan di Indiepro Publishing ada 2, yaitu penerbitan secara gratis dan penerbitan dengan membayar. Yang pertama tentu saja anda harus melakukan editing, melayout, mendesain cover dan mengurus ISBN sendiri.
alamat website: http://www.pro.indie-publishing.com

3. Pohon Cahaya
Pohon Cahaya adalah penerbit umum yang juga bisa membantu para penulis menerbitkan buku sendiri. Sistem cetak di Pohon Cahaya ada 2, yaitu sistem POD (Print On Demand) dan sistem Offset. Sistem POD digunakan jika cetakan buku kurang dari 300 eksemplar. Sayangnya Pohon Cahaya tidak membantu dalam pendistribusian buku indie. Mereka hanya mendistribusikan buku terbitan mereka sendiri.
alamat website: http://www.pohoncahaya.com
email: redaksi@pohoncahaya.com

4. Mujahid Press
Mujahid Press adalah penerbit buku yang sudah lama berdiri. Mujahid Press bisa membantu penulis yang berkeinginan untuk menerbitkan buku sendiri dengan biaya yang murah.
alamat website: http://mujahidpress.com/percetakanbuku.php
email: admin@mujahidpress.com
alamat: Jl. Tambakan no.06 Bojongkunci
PameungPeuk Bandung
telp: 022-5943620

5. Red Carpet Studio
Ini adalah penerbit yang memfokuskan pada sistem penerbitan secara Print On Demand. Beberapa tingkat biaya cetak/terbit bisa ditemui di sini, tergantung kemampuan anda.
alamat website: http://www.redcarpetstudio.net
email: info@redcarpetstudio.net
alamat: Griya Timur Indah A9 no.8
Jatimulya, Bekasi Jawa Barat

Dengan adanya beberapa nama penerbit buku di atas, anda punya kesempatan besar untuk menerbitkan buku sendiri. Sekarang saatnya anda menghubungi mereka, menanyakan prosedur pengiriman naskah dan biaya penerbitan.

Jika anda benar-benar berniat menerbitkan buku sendiri, anda memang harus siap dari segi modal yang tidak sedikit. Namun segala modal, keuletan dan kemandirian yang anda keluarkan itu tentu akan berbuah manis di akhirnya

https://anregurutta.wordpress.com/2012/07/25/nama-nama-penerbit-buku-yang-bisa-membantu-anda-menerbitkan-buku-sendiri/