Selasa, 09 Juni 2020

Jurnal 3 kelas bunda cekatan tahap kupu-kupu


I. Susun Skala Pioritasmu
*belajar menentukan action plan dari yang kita kuasai.
*ambil mind map, urutkan dari yang paling utama yang ingin segera dikuasai saat ini
-Perpustakaan Keluarga
-Book Reviewer
-Read aloud
-Literasi untuk Anak
-Menulis Buku Anak, dll.
II. Susun Tujuanmu
*ambil satu bidang saja yang berada pada posisi teratas
*belajar bikin goals/tujuan agar gita punya arah untuk mencapainya.
1. Bidang yang ingin saya tekuni sampai cekatan : Membuat Perpustakaan Keluarga baik konvensional maupun digital.
                -Mensortir Buku : memilah-milih buku buku
                -Mengolah buku : inventaris, identifikasi buku,    
2. Dalam 1-2 bulan ke depan saya sampai di titik ini :
-Buku sudah  diolah dengan dimasukkan datanya  serta sudah rapi di rak keluarga.
==================================================
                1. Bidang yang ingin saya tekuni sampai cekatan : Mengolah  dan  memberdayakan koleksi buku.
                2. dalam 1-2 tahun ke depan saya sampai di titik ini :
                Buku dibuat review, membuat tulisan/artikel/ menulis buku/ membuat literasi anak, dll
=====================================================  
1. Bidang yang ingin saya tekuni sampai cekatan : Membangun perpustakaan-perpustakaan di keluarga dan masyarakat beserta program literasinya.
2. Pada akhirnya nanti saya ingin sampai disini  : Keluarga memiliki perpustakaan yang berdaya bagi diri sendiri dan masyarakat.

III. Miliki Rencana
*tujuan tanpa rencana tidak akan menjadi hal nyata, hanya sekedar harapan saja tanpa ada kenyataan.
1. Tujuan saya
2. Langkah saya
3. Deadline saya
Tujuan Saya
Langkah saya
Deadline saya

1.       Mensortir buku


Memilah buku dan menginventaris buku


2 pekan

2.       Mengolah buku
Memasukkan data buku ke dalam aplikasi manajemen perpustakaan keluarga.
4 pekan



3.       Menyusun buku

Menyusun buku pada ruang keluarga yang disediakan.

2 pekan

Tujuan Saya
Langkah saya
Deadline saya

1.       Mereview buku


Menentukan judul buku, membaca dan meresensinya

1 hari 1 judul buku

2.       Menulis buku

Menulis cerita anak

1 bulan 1 buku

3.       Program literasi anak

Program read aloud, membaca dan menulis untuk anak
1 pekan variasi