Jumat, 19 Mei 2017

Nice Home Work #1 Adab Menuntut Ilmu



MATRIKULASI IBU PROFESIONAL BATCH #4

NICE HOMEWORK #1

ADAB MENUNTU ILMU

1.       Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
2.       Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
3.       Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
4.       Berkaitan dengan adab menuntut ilmu , perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan  kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara cara yang mulia.

Setelah materi adab menuntut ilmu kemarin, ini nice home work nya.

Satu jurusan ilmu yang akan saya tekuni di universitas kehidupan ini  salah satunya yaitu ilmu menulis atau writing. Baik itu menulis fiksi maupun non fiksi atau ilmiah.

Mengapa saya ingin menekuni ilmu menulis ini dan alasan apa yang saya miliki, tiada lain dan tiada bukan adalah karena sehari-hari saya berada tidak jauh di dunia yang berkaitan dengan ilmu menulis itu sendiri. Yah, saya kerja di perpustakaan dengan banyak sumber literatur. Dalam hati saya, setidaknya saya harus punya buku dengan tulisan sendiri sekurang-kurangnya 1 ( satu) buku di dalam hidup saya. Mudah-mudahan tidak hanya satu dalam seumur hidup saya, akan tetapi satu buku dalam setiap tahun. Aamiin.

Strategi menuntut ilmu menulis yang akan saya rencanakan tersebut. Salah satunya yaitu dengan ikut pelatihan menulis. Mencari guru  menulis. Ikut dalam grup kelompok menulis. Dan latihan menulis.

Berkaitan dengan adab menuntut ilmu. Perubahan sikap yang saya perbaiki dalam proses mencari ilmu menulis ini adalah pertama ilmu itu sendiri. Ilmu untuk menuntut ilmu itu sendiri yaitu ilmu menulis. Jika ilmu itu adalah cahaya dari Sang pemilik ilmu , maka saya memohon untuk diberikan cahaya ilmu menulis, diberikan hidayah yaitu dengan membersihkan niat dari hal-hal yang buruk, dan menghindari dari terhalangnya masuknya ilmu.

Selalu bergegas dalam mengikuti ilmu menulis. Semoga saya dapat selalu mengikuti pelatihan ataupun workshop menulis baik yang diadakan oleh IIP maupun dari yang lainnya. Dan dapat dengan segera mengamalkan ilmu menulis dengan mengulang-ulang, latihan, dan dihindari dari sikap merasa lebih tahu.
Kemudian yang lainnya yaitu dengan mengikuti pelatihan, otomatis kita akan mendapatkan guru yang sudah pengalaman menulis dan berusaha untuk mendapatkan ridhonya dan menaruh rasa hormat kepadanya

Berkaitan dengan sumber ilmu. Saya tentunya tidak akan menggunakan sumber ilmu yang tidak jelas diketahui asal-usulnya. Dalam hal ini , referensi merupakan hal yang sangat penting. Tidak mendukung perbuatan plagiator, bersifat kritis, tidak mudah percaya dalam menerima informasi yang datang sebelum paham sumber ilmunya. Menulis juga dalam rangka menyebarkan ilmu. Dalam hal ini adab menyebarkan ilmu juga terkait didalamnya. Semoga dalam menuntut ilmu menulis nantinya diberikan keberkahan, sehingga dapat mendatangkan kebaikan bagi semua.